Cities Skylines

Permainan Online Yang Cocok Untuk Anak

Apakah anak anak di bawah usia 13 tahun tak bisa bermain game? Belum tentu. Dengan kecanggihan teknologi, si bocah hanya memerlukan sebuah ponsel pintar dan koneksi internet untuk mendapatkan permainan yang mereka inginkan. Daripada mereka bergabung dalam permainan yang memiliki unsur kekerasan, bagaimana kalau para pemain muda ini memilih permainan online yang sesuai dengan umur?

Cities Skylines
Permainan pertama dalam daftar adalah Cities Skylines. Setelah para pemain berhasil mendaftar, mereka akan mulai membangun sebuah kota. Ada banyak aturan yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya nanti si pemain berhasil membangun sebuah kota yang damai. Permainan yang dikembangkan untuk anak berusia delapan tahun ini pun berhasil menarik sejumlah besar penggemar baru.

Apa pelajaran yang didapatkan ketika menjalankan permainan ini? Yang pertama, anak anak diajari untuk mencapai sebuah tujuan dengan mempertimbangkan masukan dari para tetangga yang ada. Yang kedua, para pemain akan mengasah kemampuan sosial. Mereka yang bermain rutin akan mampu untuk menerapkan hasil pembelajaran tersebut di dunia nyata juga.

Overcooked
Permainan yang satu ini dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Untuk dapat menyelesaikan misi yang ada, semua pemain harus bekerja sama dengan baik. Dalam alur ceritanya, para pemain akan melakukan perjalanan dalam Onion Kingdom. Musuh bebuyutan negara, Unbread, sedang melakukan penyerangan. Satu satunya cara untuk menyelamatkan kerajaan adalah dengan bekerja di dapur.

Tentu saja, tiap dapur memberikan tantangan berbeda. Selain kerja sama dalam keluarga, permainan ini juga mengajarkan trik trik sederhana serta beberapa nama bahan memasak. Tampilannya yang cukup unik di setiap dapur dapat membuat anak anak segala usia menghabiskan waktu panjang di depan komputer. Orang tua pun juga bisa kecanduan lho!

LEGO Supervillians
Jika bicara soal permainan edukatif, Lego merupakan salah satu nama yang tidak bisa dilupakan. Anak dari segala umur menyukai permainan ini, baik yang di bawah umur maupun yang sudah beranjak remaja. Lalu, apa yang berbeda dari Lego Superviliians? Para pemain akan mendapati jalan cerita yang konyol. Dalam alur ceritanya, pahlawan Justice League menghilang, digantikan oleh para karakter jahat.

Apakah kemudian misi karakter juga berubah? Ternyata tidak. Kumpulan penjahat yang menyebut diri mereka sebagai The Justice Syndicate ini dipaksa beralih menjadi penyelamat kota Gotham. Ada banyak aksi lucu dan menarik yang bisa dinikmati anak anak. Setelah berhasil menyelesaikan misi, pemain akan diminta untuk membereskan kepingan Lego yang tertinggal.

Banyak penelitian terkait kecanduan bermain game online yang mengambil kesimpulan cukup mengejutkan. Dengan memainkan permainan tersebut secara rutin, anak anak dapat mempelajari ilmu yang berguna dengan cara yang menyenangkan. Tentu saja tujuan ini akan meleset ketika para orang tua tidak mengarahkan buah hatinya ke pilihan yang sesuai. Coba salah satu permainan di atas, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!